Thursday 29 October 2015

DASAR-DASAR JAVA NETBEANS - CARA MEMBUAT CLASS BARU

Ok, kali ini saya akan menjelaskan tentang tutorial "DASAR-DASAR JAVA NETBEANS - CARA MEMBUAT CLASS BARU". Namun bagi anda yang baru belajar Pemrograman Java dengan Netbeans, diharapkan untuk membaca artikel saya sebelumnya yaitu tentang "DASAR-DASAR JAVA NETBEANS - BELAJAR PEMROGRAMAN JAVA UNTUK PEMULA". 
Untuk membuat Class baru di Java Netbeans, sebenarnya sama seperti membuat Form Baru di java Netbeans.
Ok, tanpa basa-basi lagi, kita langsung saja ke tutorialnya. Silahkan simak langkah-langka Cara Membuat Class baru di Java Netbeans :

1. Silahkan buka Netbenas anda.
2. Disini kita akan membuat Project Baru terlebih dahulu. Setelah Netbeans anda terbuka, pada bagian Menu Bar pilih "File >> New Project" hingga tampil tab baru seperti gambar berikut :
 
Pada bagian "Categories" pilih "java", dan pada bagian "Project" pilih "Java Application". jika sudah klik tombol "Next". 

3. Setelah itu akan tampil tab baru seperti gambar berikut :
 
Pada tab baru tersebut, sesuaikan seperti pada gambar di atas. Atau sesuaikan pengisian Kolomnya sesuai keinginan anda, asalkan anda tahu maksud dari setiap komlom pengisian pada gambar di atas. Jika sudah, Klik "Finish"

4. Setelah itu akan tampil pada bagian kiri Netbeans anda seperti gambar berikut :

5. Setelah langkah-langkah di atas, berarti project baru kita sudah di buat. Sekarang kita akan membuat class baru pada project yang sudah kira buat tadi. Cara-nya klik kanan bagian "<default package>" kemudian pilih "New --> Java Class".

6.  Setelah itu akan tampil tab baru:
Pada kolom "Class Name" isi nama Class sesuai keinginan anda, tapi tanpa spasi. Disini, pada contoh ini saya memberi nama calss baru dengan nama "Latihan_class", dan setelah itu klik "Finish"

7. Setelah langkah-langkas di atas, maka akan tampil di samping kiri Netbeans anda seperti gambar berikut :
 jika tampilannya sudah seperti gambar di atas, berarti "Class Baru" anda sudah selesai di buat, dan SELESAI.....!!!!! :d

Bagi anda yang ingin mengetahui Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java, silahkan anda baca juga atikel tentang Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java.

Sekian tutorial dari saya tentang "DASAR-DASAR JAVA NETBEANS - CARA MEMBUAT CLASS BARU". utuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang "Kode Pertama Pemrograman Java".
Untuk lebih mengetahui tentang pemrograman java, silahkan kunjungi "KUMPULAN TUTORIAL PEMROGRAMAN JAVA NETBEANS".

Untuk diskusi tentang Pemrgraman Java, silahkan gabung di group FB "Forum Programer Java dan PHP Indonesia".

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Salah dan kurangnya saya minta ma'af. :)
Salam Kompak. :)

0 komentar:

Post a Comment