Wednesday 23 November 2016

VISUAL BASIC NET PART 1 – CARA MEMULAI BELAJAR VISUAL BASIC NET (VB.NET) UNTUK PEMULA


Hallo sahabat Coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat?! J. Ok, kali ini saya akan membagikan tutorial tentang “BELAJAR VISUAL BASIC NET (VB.NET) UNTUK PEMULA”. Sebenarnya judul tutorial ini tepatnya adalah “PENGENALAN VISUAL BASIC NET(VB.Net)”. VISUAL BASIC NET biasa disingkat dengan VB.Net saja. Setahu saya, VB.Net sebenarnya adalah pengembangan dari Visual Basic 6.0 atau biasa di singkat VB 6. Dimana beberapa pakar Programer pernah mengatakan bahwasanya VB 6 masih belum OOP(Object  Oriented Programing). Oleh karena itu, para pengembang Bahasa Pemrograman Visual Basic membuat sebuah terobosan atau pengembangan terhadap visual basic. Yang tadinya VB 6 bermigrasi ke VB.Net. Sehingga VB.Net sudah dinyatakan OOP(Object  Oriented Programing). Untuk tentang OOP, saya tidak akan menjelaskan secara rinci apa itu OOP. Karena disini saya hanya akan membahas sesuai judul, yaitu tentang “BELAJAR VISUAL BASIC NET (VB.NET) UNTUK PEMULA” saja. Bagi sobat-sobat yang ingin mencari tentang apa itu OOP(Object  Oriented Programing), silahkan agan cari di Mbah GOOGLE saja y sobat...! hehehe...

Nah, tutorial ini sebenarnya saya buat bagi sobat-sobat yang ingin memulai belajar pemrograman VB.Net, tapi tidak tahu harus mulai dari mana..?? Maka dari itu saya akan mencoba menjelaskan kepada sbat-sobat bagaimana cara memulai belajar Bahasa Pemrograman Visual Basic Net. Ok, tanpa basa basi lagi, berikut langkah-langkah tutorialnya :

1. Download Software Visual Studio 2010/2012/2013/2015
Untuk langkah pertama ini, anda harus mendownload Visual Studio terlebih dulu. Untuk VB.net, silahkan anda download Visual Studio versi 2008, atau Visual Studio versi 2010, atau Visual Studio versi 2012, atau Visual Studio versi 2013, atau Visual Studio versi 2015. Karena VB.net sudah terdapat di dalam satu paket Software Visual Studio 2008 keatas. Untuk mendownloadnya, silahkan anda cari saja pada Mbah GOOGLE ya sobat..., Karena ukuran File-nya lumayan cukup besar. Untuk Visual Studio 2010 Ultimate saja ukuran File-Nya lebih dari 2 Giga Byte. Dan setahu saya, sampai saat ini pada saat artikel ini saya buat, Visual Studio versi terakhir adalah Visual Studio 2015. Namun pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskannya menggunakan Visual Studio 2010 Ultimate saja. Karena menurut saya, Visual Studio yang paling Stabil itu adalah Ultimate. Namun jika anda ingine mendowload Visual Sturdio 2010 Express, silahkan klik DISINIVisual Sturdio 2010 Express Adalah versi gratis dari Microsoft.

2. Install Visual Studio.
Setelah anda mendownload Software Visual Studio-nya, langkah selanjutnya silahkan anda Install Visual Studio-nya seperti biasa di PC/Laptop anda. Untuk menginstall Visual Studio anda harus sedikit agak bersabar ya sobat...!! Karena menginstall Visual Studio membutuhkan waktu lumayan lama..., Jadi harus sedikit bersabar ya sobat.

3. Jalankan Visual Basic Net
Setelah anda menginstall Visual Studio anda, selanjutnya silahkan anda buka Visual Studio anda. Untuk langkah membuka aplikasi Visual Studio 2010 Ultimate yang sudah anda install tadi, saya rasa anda sudah tahu caranya. Bagi anda yang masih bingung, silahkan anda perhatikan langkah-langkah untuk membuka/menjalankan Visual Studio 2010 Ultimate pada gambar yang ada pada langkah 3 ini. Dimana disini saya menjalankan Visual Studio 2010 Ultimate ini di atas Windows 10.

4. Pengenalan Antarmuka Visual Studio
Setelah anda menjalankan Visual studio-nya, kurang lebih hasilnya akan seperti pada gambar di atas, yaitu pada langkah 4 ini.

5. Membuat Project Baru Visual Basic Net
Selanjutnya, agar kita bisa melihat antar muka atau tampilan utama dari Visual Basic Net, kita harus membuat project baru VB Net terlebih dulu. Caranya :

a) Silahkan anda klik “File->New->Project...” seperti gambar dibawah ini :

b) Setelah itu akan tampil beberapa pilihan Menu Bahasa Pemrograman yang akan kita gunakan. Karena kita akan menggunakan Visual Basic, maka silahkan anda pilih sesuai seperti pada gambar dibawah ini :
Jika sudah sesuai dengan keinginan ada, kemudian silahkan anda klik “Ok” seperti gambar berikut :


6. Antar Muka Visual Basic Net (VB Net)
Setelah langkah 5 anda lakukan tadi, maka selanjutnya akan tampil Antar Muka Project Visual Basic Net anda. Kurang lebih tampilannya akan seperti pada gambar diatas, yaitu pada langkah 6 ini. Dimana :
Toolbox -> adalah alat-alat yang akan kita gunakan nantinya dalam pembuatan aplikasi desktop.
Form -> adalah media untuk menempatkan alat-alat yang ada pada Toolbox.
Solution Explorer -> adalah media untuk menampilkan form-form yang akan kita buat nanti.
Properties -> adalah tempat dimana kita akan men-Setting alat-alat yang ada pada form, maupun untuk men-Setting form yang akan kita buat nantinya.

7. Selesai.

Untuk tutorial lanjutannya, silahkan anda baca tentang “PART 2 TUTORIAL DASAR VB.NET – CODING PERTAMA”.

Sekian tutorial dari saya tentang "TUTORIAL BELAJAR VISUAL BASIC NET (VB.NET) UNTUK PEMULA ", Dan salah serta kurangnya dalam penulisan artikel saya ini, saya mohon ma'af, karna saya juga masih tahap belajar. Semoga bermanfaat.

Salam Sukses.

1 comment:

  1. bahsa yang mudah di mengerti jd pengen belajar tp gak tau harus dari mana...mkash

    ReplyDelete