Wednesday 5 August 2015

DASAR JAVA NETBEANS - KODE PERTAMA BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

KODE PERTAMA PEMROGRAMAN JAVA

Menggunakan contoh langsung adalah cara yang tepat untuk memulai proses belajar. Cara ini memberikan gambaran kongkrit tentang subject yang akan dipelajari, sehingga proses belajar lebih cepat diserap. Untuk tujuan ini, kita akan membuat sebuah program kecil yang menampilkan kata “HelloWorld” console dengan Bantuan software Netbean IDE. Untuk Penjelasan Bagaimana cara mendownload dan Menginstall Netbeans, pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskannya dengan judul artikel "BELAJAR PEMROGRAMAN JAVA UNTUK PEMULA". Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat program “HelloWorld” console, dimana saya disini menggunakan Netbeans IDE 8.0.2, dan masih menggunakan OS Windows :

1. Buka aplikasi Netbeans yang sudah anda install sebelumnya, dengan cara klik Start -> All Program -> Netbeans -> Netbeans 8.0.2. maka akan tampil antarmuka Netbeans seperti berikut :
2. tunggu hingga loading selesai, hingga tampil seperti gambar berikut :
3. Kemudian klik File -> New Project

4. Pada bagian “Categoris” pilih “Java”, dan pada bagian “Project” pilih “Java Application” kemudian klik Next.

5. Maka akan tampil antarmuka seperti pada bagian gambar di bawah ini

  • Di bagian “Project Name” -> adalah nama project yang akan kita buat, dan silahkan diisi dengan nama sesuai keinginan. Disini di bagian Peroject Name saya isi dengan "JavaApplication27". Tapi untuk name disarankan tidak boleh ada spasi, tapi gunakanlah Underscore(_) untuk memisahkan antar kata pada kolom “Project Name” tersebut.
  • Pada bagian “project Location” -> adalah lokasi penyimpanan project yang akan di simpan. Untuk merubah lokasi penyimpanan, silahkan klik tombol “Browse” yang ada di sebelah kanan kolom Project Location.
  • Pada bagian “Create Main Class” -> adalah default/standar bawaan dari pertama kali kita membuat project. Disini saya menyarankan di bagian “Create Main Class” di hilangkan tanda ceklis-nya, alias tidak dibuatkan class utama. Kemudian klik “Finish”.


6. Pada bagian kanan, di bagian project, akan ada project baru  yang telah dibuat tadi dengan  nama “JavaApplication27”. "JavaApplication27" adalah nama dari project yang kita buat tadi.

7. Setelah itu klik tanda “+” yang ada di samping kiri “JavaApplication27”, maka akan tampil dua folder dengan nama “Source Package” dan “Library”.

8. Kemudian pada “Source Package” akan ada “<default package>”, kemudian klik kanan pada “<default package>”, dan pilih “Java Class”.

9. Pada bagian “Class Name” silahkan diisi dengan nama kelas terserah, sesuai dengan keinginan. Disini saya menggunakan nama calss “hello_word” dan klik Finish.

10. Maka akan tampil seperti gambar berikut :

11. Kemudian ketikkan kode berikut :
//-------------------------------------------------
public static void main(String [] args){
System.out.print("Hello Word");
}
//-------------------------------------------------

ketikkan kode tersebut di bawah bagian “public class hello_word”, hingga seperti pada gambar berikut ini:

12. Setelah itu untuk meng-compile(menjalankan) kode program yang sudah dibuatkan tadi, klik kanan pada Class “hello_word.java” dan pilih “Run File”.

13. Setelah di Run, jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, yang di beri garis merah pada bagian “Output – JavaApplication27”

14. Selesai.

Bagi anda yang ingin mengetahui Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java, silahkan anda baca juga atikel tentang Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java.

Sekian tutorial ini saya buat, semoga bermanfa’at. Dan jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam tulisan ini, mohon di ma’afkan. Untuk selanjutnya, untuk melanjutkan pelajaran tentang java penggunakan Swing, saya akan menjelaskannya pada artikel selanjutnya. Atau bagi anda yang ingin file PDF nya, silahkan download file pdf “Java Swing” yang sudah saya Upload pada group Facebook “Forum Programer Java dan PHP Indonesia”. Untuk pertanyaan dan komentar, silahkan kunjungi dan Gabung di group Facebook “Forum Programer Java dan PHP Indonesia” tersebut. Atau bisa gabung dengan Meng-Klik linksebagai Berikut:  http://www.facebook.com/groups/502386276603543.

Tambahan dari saya, jika anda ingin dibuatkan Aplikasi desktop maupun Web, atau mungkin membutuhkan sourcecode, silahkan hubungi ke sini : 081365402269. soal biaya bisa diatur...!

6 comments: