Tuesday 24 November 2015

Java Netbeans - Bagaimana Cara Agar Textfield Hanya Bisa Menginputkan/Menerima Angka Saja




Ok, kali ini pada tutorial ini saya akan membagikan ilmu “Bagaimana Cara Agar Textfield Hanya Bisa Menginputkan/Menerima Angka Saja” di pemrograman Java dengan Netbeans IDE. Nah, untuk lebih jelasnya, bagi anda yang belum tahu yang manakah itu “TextField”? Komponen TexField adalah seperti gambar berikut:

Kenapa saya ingin membagikan tutorial tentang “Bagaimana Cara Agar Textfield Hanya Bisa Menginputkan/Menerima Angka Saja....?” karna mungkin sebagian anda yang masih dalam tahap belajar (termasuk saya), mungkin bertanya, “bagaimanakah pada komponen TextField hanya bisa di inputkan angka saja?”. Dulu saya waktu pertama belajar Pemrograman Java juga berfikir demikian. Namun setelah saya Googling, and cari-cari di internet, ternyata caranya sangat simpel sekali.

Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut saya berikan langkah-langkah tutorial tentang “Bagaimana Cara Agar Textfield Hanya Bisa Menginputkan/Menerima Angka Saja”

1. Buatlah sebuah Form baru, kemudian desain form anda tersebut kurang lebih seperti gambar berikut:

2. Kemudian “klik kanan” pada “TextField pilih “EventsàKeyàKeyTyped[jTextField1 KeyTyped]” 

3. Kemudian pada bagian dibawah Method
private void jTextField1KeyTyped(java.awt.event.KeyEvent evt)”
ketikkan koding seperti gambar berikut:

4. Dan pastikan anda sudah menambahkan diatas "public class" :
import java.awt.event.KeyEvent;
import javax.swing.JOptionPane;

Hingga seperti gambar berikut :

5. Maka hasil semua koding anda adalah sebagai berikut:

6. Setelah itu, silahkan anda jalankan/run “Form” anda, kemudian cobalah anda ketikkan di dalam TextField, pasti tidak akan bisa menginputkan/mengetikkan huruf didalam TexField tersebut. Karena TextField anda hanya bisa menerima Number/Angka saja.

Mudah kan?

Ok, sekian tutorial saya kali ini tentang “Bagaimana Cara Agar Textfield Hanya Bisa Menginputkan/Menerima Angka Saja”, salah dan kurangnya dalam penulisan artikel saya ini, mohon di ma'afkan. Dan semoga bermanfaat.
 
Tambahan dari saya, bagi anda yang ingin mengetahui Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java, silahkan anda baca juga atikel tentang Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java. 

Ok, seperti biasa, bagi anda yang ingin diskusi tentang Pemrograman java, silahkan gabung di group FB "Forum Programer Java dan PHP Indonesia"., dan bagi anda yang ingin membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman Java", silahkan klik disini.

Salam Sukes.

2 comments: