Friday 5 February 2016

Dasar-Dasar Pemrograman PHP bagian 2 – Mengkoding Dengan Notepad++

Dasar-Dasar Pemrograman PHP bagian 2 – Mengkoding Dengan Notepad++


Assalamu'alaikum sahabat blogger, seperti biasa saya akan menyapa sobat-sobat bloger terlebih dulu. Hehehehe... semoga sobat-sobat sekalian dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya...!! Ok, kali ini saya akan menjelaskan tentang “Dasar-Dasar Pemrograman PHP – Mengkoding Dengan Notepad++”. Sebelumnya pada artikel saya sebelumnya, saya sudah membahas tentang "Dasar-dasar PHP – Koding Pertama PHP Untuk Pemula", di mana di artikel tersebut kita membuat koding pertama Pemrograman PHP menggunakan aplikasi bawaan Windows, yaitu Notepad. dan sekarang kita akan membahas lanjutan dari artikel tersebut yaitu tentang "Dasar-Dasar Pemrograman PHP bagian 2 – Mengkoding Dengan Notepad++".


Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut tutorialnya :

1. Pastikan anda sudah menginstall aplikasi XAMPP. Bagi yang belum menginstall XAMPP, dan ingin tahu cara menginstall XAMPP, silahkan klik disini.

2. Setelah itu, pastikan anda juga sudah menginst aplikasi Notepad++ di windows anda. Bagi yang belum punya software Notepad++, silahkan klik disini untuk mendownloadnya. 

3. Jika sampai langkah 2 sudah dilakukan, kemudian silahkan anda buka aplikasi Notepad++ anda. 

4. Jika Notepad++ anda sudah anda buka, dan karena pada contoh ini Notepad++ yang saya gunakan berbahasa indonseia, maka aturannya dalam bahasa indonesia juga. kemudian silahkan anda buat file baru dengan cara : klik “Berkas – Baru”, atau juga bisa dengan cara menekan tombol “ctrl+n” secara bersamaan. 

5. Maka anda sudah mempunya file baru. Kemudian silahkan anda simpan file anda “Save As” dengan cara clik “File – Save As”. 

6. Silahkan anda beri nama file anda dengan nama terserah anda, dengan syarat file anda di beri type .php. contoh anda memberi nama file anda “belajar_php”, maka silahkan anda tambah file name anda tersebut menjadi “belajar_php.php”. jangan lupa anda menyimpan file php anda di lokasi “C:\xampp\htdocs”. Seperti gambar berikut : 



7. Selanjutnya di dalam file “belajar_php.php” silahkan anda ketikkan dengan koding berikut : 
setelah mengetikkan koding tersebut jangan lua anda “ctrl-s”.

8. Sekarang coba anda jalankan file anda di browser anda.

9. Selesai

Kalau masih bingung, silahkan lihat video “Dasar-Dasar Pemrograman PHP – Mengkoding Dengan Notepad++” dibawah ini :

Bagaimana sobat, mudah bukan? Hehehehe......


Itulah sedikit tentang "Dasar-Dasar Pemrograman PHP bagian 2 – Mengkoding Dengan Notepad++". Bagi anda yang ingin bertanya, silahkan tinggalkan komentar.
Ok, sekian dari saya tentang "Dasar-Dasar Pemrograman PHP bagian 2 – Mengkoding Dengan Notepad++", salah dan kurangnya dalam tutorial kali ini, saya hohon ma'af. Dan bagi anda yang ingin membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman Java dan PHP", silahkan klik disini. Dan bagi anda yang ingin bertanya-tanya di lebih lanjut tentang Pemrograman Java dan PHP, silahkan gabung di Group FB "Forum Programer Java dan PHP Indonesia".
Tambahan dari saya, bagi anda yang ingin mengetahui Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman, silahkan anda klik disini.
Salam sukses.

0 komentar:

Post a Comment